THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 15 November 2010

Meresensi Buku

Identitas Buku:
Judul Buku : MENGUKIR MASA DEPAN
Nama penulis : NIDHOEN SRIYANTO
Nama penerbit : Balai Pustaka
Tempat penerbit: Jakarta
Tahun terbit : 1995
Jumlah halaman: 78
Warna sampul : kuning kecoklatan

Ringkasan
Lulus dari sekolah, Wasisadi di rumah saja. Ia tidak menganggur, untuk sementara membantu ayahnya meneruskan usaha yang telah lama digeluti, usaha yang telah lama dapat menghidupi keluarga. Membuat kusen pintu dan jendela. Kini usaha itu bertambah maju, bahka telah menambah tenaga pembantu empat orang untuk memenuhi banyaknya pesanan.
Wasisadi menentukan usaha pilihannya sendiri, berwiraswasta. Ia memilih membuat meubel: meja, kursi tamu, kursi makan, almari hias, rak buku, meja belajar, dipan susun dan sebagainya.
Untuk memenuhi selera langganan, ia mencari contoh-contoh model dari majalah dan dari surat kabar. Bahkan ia berlangganan majalah model dari luar negeri. Ia juga mempelajari model-model kuno yang punya ddaya tarik tersendiri. Dipadukan dengan model sekarang nampak anggun dan menarik.
Tujuh tahun kemudian . . .
Sebuah took meubel dan alat-alat rumah tangga pinggir jalan besar itu sungguh menarik. Toko yang luas sekaligus menjadi ruang pamer itu nampak sempit karena banyaknya barang-barang yang dipamerkan.
Berkat pengarahan Pak Purhadi. Setelah lulus dari SMP dulu itu, ia melanjutkan ke Sekolah Teknologi Menengah mengambil jurusan bangunan, dan sekarang begitulah. Ia mengukir masa depan dengan masuk kesekolah Teknologi Menengah. Kini tak bingung mencari pekerjaan. Ia dapat berdiri sendiri, berwiraswasta.

Kelebihan:
Buku ini bisa memotivasi kita dan untuk kita tidak mudah menyerah dalam mengukir masa depan yang akan datang pada kita.
Kekurangan:
Jenis tulisannya kurang bagus, jenis tulisannya terlalu jadul.
Penilaian terhadap buku:
Baguss, memiliki nilai moral yang bagus untuk kita contoh.

0 komentar: